| Notula adalah catatan mengenai semua  pembicaraan selama rapat  berlangsung. Maksud  pembuatan notula adalah agar apa yang telah dibahas dalam rapat baik  rapat untuk pemecahan masalah atau  rapat untuk pengambilan keputusan  dapat menjadi acuan bagi rapat selanjutnya. Dan bagi peserta rapat yang  tidak hadir, notula dapat menjadi informasi atas materi yang dibahas dan  kesimpulan yang diperoleh. Notula dapat juga untuk melihat perkembangan  perusahaan dari waktu ke waktu. Notula dapat dibagikan kepada peserta  rapat bila telah disetujui oleh pimpinan. Notula dibuat oleh sekretaris  organisasi atau seseorang yang ditunjuk untuk melaksanakan tugas itu,  dan posisi duduknya dekat  pimpinan agar sekretaris dapat menebar  pandangan ke seluruh peserta.  Hal-hal yang  harus diperhatikan dalam pembuatan notula :  Ringkas  tapi jelas dan lengkap  sehingga mudah dipahami dan tidak menimbulkan penafsiran  yang  berbeda-beda.Dibuat bukan  berdasarkan pemikiran  notulis Bila  ada usulan dan tanggapan  terhadap masalah, dapat dipisahkan cara penulisannya  agar tidak  membingungkanDalam penyusunan notula dibedakan  mana saja materi yang berupa penyajian informasi, materi yang menyangkut  pertimbangan khusus, serta materi yang berupa keputusanMenggunakan  bahasa yang lugas dan  langsung pada pokok pembicaraan 
 Notula yang  dibuat saat rapat berlansung merupakan notula awal. Notula ini perlu  disempurnakan dengan tidak mengubah isi materi semula, kemudian diketik  rapi dan dimintakan persetujuan pada pimpinan untuk menjadi notula  akhir. 
 Hal-hal  yang  harus diperhatikan dalam penyusunan notula : Bila rapat tersebut rapat rutin,  sebaiknya diberi nomor urut rapat, bulan, dan tahun rapat. Misalnya :  Rapat Pengurus Yayasan Amal Maret 2007 Perlu diinformasikan pada judul  notula rapat; apakah rapat tersebut merupakan rapat pemberian informasi,  rapat pemecahan masalah atau rapat pengambilan keputusan.Susunan notula lengkap : dari judul  sampai  penutup diakhiri dengan tanda tangan pimpinan dan notulis rapatWalaupun notula dibuat ringkas, namun  setiap peserta yang berbicara perlu disebutkan namanya, misalnya Ibu  Meynar memberikan usulan tentang………………………………Keputusan yang diambil dalam rapat  hendaknya  dicatat secara lengkapWaktu dimulai dan berakhirnya rapat   dituliskan dalam notula 
 Persiapan   dalam pembuatan notula :  Sediakan alat  tulis dan kertas, tapi  sekarang sudah umum digunakan Personal Computer ataupun  Note  BookLaptop untuk penyusunan notula. atau Sediakan  kaset rekaman bila ada  pembicaraan yang tidak dapat ditulis.Memahami  prosedur rapat sebelum  rapat dimulaiSediakan  buku-buku referensi yang  menunjang materi rapat
 Isi Notula   Rapat Judul notula  beserta nama organisasi  atau unit organisasi yang menyelenggarakan rapat.Hari,  tanggal, tempat serta waktu  dimulai dan berakhirnya rapat.Sifat rapat.Nama peserta  baik peserta yang hadir  maupun yang tidak hadir.Penyempurnaan  notula rapat  sebelumnya dan pengesahannya.Susunan acara  rapat.Ringkasan  jalannya rapat.Hasil rapat.Hal-hal yang  dibicarakan dalam  rapat.Catatan  khusus.Nama dan  tandatangan pimpinan  dan notulis rapat dibagian akhir.
 | 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar